Apa itu BitCoin – Tentang Mata Uang Virtual Dunia Internet

Apa itu BitCoin – Tentang Mata Uang Virtual Dunia Internet

Bitcoin

BitCoint : sdtnews

BitCoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda. Bentuknya tidak seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh sebuah bank dan bukan pula mata uang dari sebuah negara. Bentuk dari mata uang unik ini adalah hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa. Dari sudut pandang pengguna, BiTcoin serupa seperti uang tunai di dunia internet.

Baca juga : Cara Mendapatkan Bitcoin

Siapa yang menciptakan Bitcoin?
Bitcoin adalah implementasi pertama tentang konsep yang bernama “cryptocurrency”, yang pertama kali dijelaskan pada tahun 1998 oleh Wei Dai dalam milis cypherpunks, menyarankan ide tentang bentuk baru uang yang menggunakan kriptografi untuk mengontrol pembuatan dan transaksi, alih-alih menggunakan otoritas terpusat. Spesifikasi BitCoin pertama dan bukti konsep dipublikasikan pada tahun 2009 dalam sebuah milis kriptografi oleh Satoshi Nakamoto. Satoshi meninggalkan proyek ini pada akhir tahun 2010 tanpa memberitahukan banyak tentang dirinya. Komunitas Bitcoin berkembang pesat seiring banyaknya pengembang yang mengerjakan Bitcoin.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?
Dari sudut pandang pengguna, BitCoin tidak lebih dari aplikasi ponsel atau program komputer yang menyediakan dompet Bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima BitCoin. Inilah cara Bitcoin bekerja untuk sebagian besar pengguna. Di belakang layar, jaringan BitCoin membagikan sebuah catatan publik yang disebut “rantai-blok”. Catatan ini berisi semua transaksi yang pernah diproses, memungkinkan komputer pengguna untuk memverifikasi keabsahan tiap transaksi.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Bitcoin Melalui Android

Apa Kelebihan Bitcoin
Cukup banyak kelebihan penggunaan BitCoin sebagai pengganti transaksi uang online. BitCoin meruapakan kurs global, tidak dikendalikan oleh bank nasional atau badan negara lainnya. Artinya, kurs BitCoin tidak terpengaruh kondisi ekonomi negara manapun, sama seperti emas atau minyak bumi. BitCoin dapat dengan mudah digunakan dimanapun di seluruh dunia oleh siapa saja. Hal ini membuat transaksi internasional menjadi lebih mudah karena tidak ada lagi pembahasan mengenai kebijakan bersama mengenai kurs negara mana yang akan digunakan alat pembayaran.

Baca Juga : Cara membuat Dompet Bitcoin

Apa Kekurangan BitCoin ?
Belum banyaknya perusahaan, toko, merchan  yang menerima Metode pembayaran dengan mata uang BitCoin tidak dengan kata lain hanya bisa dilakukan sama toko-toko atau perusahaan yang juga menerima mata uang Bitcoin.  karena bentuk Bitcoin ini yang berupa file yang disimpan di dalam komputer, memungkinanBitcoin  menjadi rusak/ hilang/ terhapus jika terjadi sesuatu dengan media yang menjadi tempat penyimpanan.

Referensi :bitcoin.org

Free
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read more:
wordpress untuk android
WordPress Untuk Android

Wordpress Untuk Android - Terkadang...

gemini-wp-theme
Gratis Gemini Theme 1.6

Gratis Gemini Theme 1.6 Fitur...

Close