Hewan peliharaan dalam saku “Sugar Glider”

source http://virtuavet.wordpress.com

source http://virtuavet.wordpress.com

Sugar Glider (petaurus brevicep) Salah satu binatang yang sedang di gandrungi oleh banyak orang, bagi sebahagian masyarakat awan mungkin masih asing terdengar di telinga. Bentuk nya yang kecil mungil dan menggemaskan membuat siapa pun yang melihat  akan jatuh cinta untuk melihat dan mungkin saja ingin memeliharanya.

Sugar Glider atau dalam bahasa latinnya Petaurus breviceps adalah sejenis tupai pohon dengan ukuran badan yang relativ kecil dengan ukuran tubuh kira-kira 24-30 cm dengan berat 4-6 ons. dan karena kecilnya itu mereka sering disebut hewan peliharaan dalam saku.

Tubuhnya yang imut dan mimik mukanya yang lucu itu akan mudah membuat para pecinta hewan jatuh cinta kepadanya. Marsupialia yang satu ini berasal dari belantara Papua, Tasmania Australia, Papua New Guinea. Sugar Glider memiliki jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Dan yang unik lagi di antara pergelangan tangan dan kaki Sugar glider ditutupi dengan bulu atau membran yang disebut Patagium. Jadi dikala Sugar glider membentangkan tangan dan kaki mereka, patagium ini akan tampak seperti sayap yang membuat Sugar glider melayang di udara.

Sugar glider dewasa setelah 2 tahun untuk jantan dan untuk betinanya 7 hingga 15 bulan. sang betina akan bunting eh hamil selama 14 -16 hari kemudian melahirkan 1 / 2 ekor anak, dan kadang hingga 3 ekor. Dalam pelukan sang induk, bayi Sugar glider berkembang sampai mampu bertahan hidup sendiri.

Satu karakteristik khas yang membentuk mereka mencapai kematangan seksual adalah “kepala nya botak” di bagian atas kepala mereka yang sebenarnya adalah kelenjar keringat.Di alam liar, sugar glider hanya berkembang biak sekali setahun karena iklim dan kondisi habitat sementara mereka dapat berkembang biak hingga 4 kali per tahun di penangkaran.

Sugar Glider (Petaurus breviceps) adalah sejenis marsupial kecil awalnya berasal dari daratan timur dan utara Australia, New Guinea, dan Kepulauan Bismarck, Tasmania, Australia. Namun dikatakan juga bahwa hewan ini asli dari Indonesia. kami tidak tau pasti karena banyaknya sumber

Ada tujuh subspesies dari P. breviceps:

* P. b. breviceps (Waterhouse, 1839)
* P. b. longicaudatus (Longman, 1924)
* P. b. ariel (Gould, 1842)
* P. b. flavidus (Tate & Archbold, 1935)
* P. b. papuanus (Thomas, 1888)
* P. b. tafa (Tate & Archbold, 1935)
* P. b. biacensis (Ulmer, 1940)

Di Indonesia, Sugar Glider telah memiliki komunitas penggemarnya sendiri yang bernama KPSGI (Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia). Keunggulan Sugar Glider sebagai hewan peliharaan adalah karena daya adaptasinya yang tinggi, tidak takut manusia, dan mudah dipelihara. Binatang kecil ini juga mudah dibawa kemanapun, tempat kesukaannya saat bepergian adalah di dalam saku celana pemiliknya sehingga hewan imut ini dikenal sebagai ” Hewan Peliharaan dalam Saku “.

Tertarik untuk memeliharanya ? hewan ini menjadi primadona

Free
One Comment
Read more:
Enam Kegiatan yang mengasah otak

Meskipun menghitung adalah rumus yang...

cara mengamankan situs wordpress

Cara mengamankan situs wordpress -...

Google Drive
Cara Menampilkan Dokumen Pada Postingan WordPress

Cara Menampilkan Dokumen Pada Postingan...

Close