Sejarah HTML

Sejarah HTML – Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.

Tim Barner Lee

Tim Barner Lee

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993).

HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).

Fungsi HTML

  • Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web) dan isinya.
  • Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses, dilihat dari keseluruh dunia.
  • Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  • Menambahkan object – object seperti image, audio, video dan juga java applet (aplikasi java seperti java game dll) dalam document HTML

 Elemen Dasar

Pada dasarnya elemen HTML ada 2 kategori:

  1. Elemen berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen tersebut.
  2. Elemen berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan pada browser.

Tools

Tools atau aplikasi, ada 2 tools (alat) yang dibutuhkan

  • Browser

Browser merupakan software yang di install di mesin client (komputer kita sebagai pengguna website) yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Contoh browser Internet Explorer, Mozila, opera dan masih banyak yang lainya.

  • Editor

Editor adalah program yang bisa digunakan untuk membuat document HTML (Web page/Halaman Web), ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya notepad, Notepad++ Ms FrontPage, Dreamweaver, dll.

Free
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read more:
Bagaimana Cara install Xampp ?

Cara install Xampp -  Xampp...

Enam Kegiatan yang mengasah otak

Meskipun menghitung adalah rumus yang...

cara mengamankan situs wordpress

Cara mengamankan situs wordpress -...

Close